Siapa yang tak kenal The Body Shop? Perusahaan franchise kosmetika kedua terbesar di dunia yang berpusat di Littlehampton, Sussex Barat, Inggris, terkenal akan produk-produknya yang menggunakan zat herbal mulai dari Body Butter, Peppermint Foot Lotion, dan Hemp.

Perusahaan tersebut didirikan oleh wanita Inggris Anita Roddick pada tanggal 26 Maret 1976. Ia terinspirasi untuk membangun perusahaan tersebut setelah berlibur ke Berkeley, California pada tahun 1970. Di sana Anita mengunjungi sebuah toko bernama "The Body Shop" yang menjual sabun dan lotion dengan parfum alami. Enam tahun kemudian, ia membuka toko serupa di Inggris dengan nama yang sama.

Saat pertama membuka toko, Anita hanya mampu menjual 25 jenis produk kecantikan yang dibuat dengan tangan (hand-made), namun berkembang dengan sangat pesat hingga terdapat cabang di seluruh dunia.

Pada tahun 1978 sebuah kios di Brussels menjadi toko franchise pertama The Body Shop yang berada di luar negeri, dan pada tahun 1982 semakin banyak toko-toko baru yang dibuka dalam hitungan dua toko per bulannya.

Pada tahun 1987, Anita menawarkan uang sejumlah $3.5 million kepada Peggy Short dan Jane Saunders, pemilik The Body Shop yang asli di California, untuk mengganti nama tokonya menjadi Body Time. Perubahan nama tersebut resmi dilakukan pada tahun 1992. Sementara The Body Shop milik Anita sendiri terus berkembang pesat dari tahun ke tahun hingga pada 2006, perusahaan tersebut dibeli oleh L’ Oreal seharga lebih dari $1 miliar.

Kini, The Body Shop memiliki rangkaian produk sebanyak 1,200 macam meliputi produk kosmetik dan makeup di 2,500 toko yang tersebar di 61 negara di dunia. The Body Shop dapat Anda temui di Hartono Mall Jogja Lantai LG.